Print Friendly and PDF

Promosi dari DJPEN

In-Store Promotion

Salah satu bentuk promosi yang ditawarkan Ditjen PEN kepada para eksportir adalah n-store promotion, yaitu suatu bentuk promosi produk-produk ekspor dengan cara memamerkan dan menjualnya di sebuah toko yang bekerjasama dengan Ditjen PEN. Salah satu contoh kegiatan ini adalah in-store promotion di Harrods pada tanggal 1-31 Agustus 2011.

Jenis promosi ini diharapkan dapat menarik minat calon pembeli karena lokasi yang dipilih merupakan lokasi yang strategis untuk dikunjungi orang, terutama orang yang akan berbelanja.


Misi Dagang

Misi dagang adalah kegiatan memertemukan calon buyer di suatu daerah (dalam hal ini pembeli asing di luar negeri) dengan calon eksportir dari Indonesia. Kegiatan ini merupakan kegiatan yang berbentuk G to B (Government to Business) dan B to B (Business to Business) karena Pemerintah berusaha memertemukan kedua belah pihak agar dicapai sebuah kesepakatan bisnis.

Misi Dagang Tahun 2011

  • India (Januari 2011)

Misi Dagang ke India ini bersamaan dengan peluncuran negosiasi Indonesia-India Comprehensive Economic Cooperation Agreement (II-CECA) oleh Presiden RI. Kegiatan ini untuk meningkatkan kerjasama ekonomi, termasuk perdagangan dan investasi

  • San Francisco, Amerika Serikat (Agustus 2011)

Misi Dagang ke Amerika Serikat ini sekaligus memanfaatkan agenda Sidang Trade and Investment Council  (TIC) XI

  • London (Agustus 2011)

Kegiatan ini dilaksanakan berbarengan dengan first meeting Menteri Perdagangan dengan Menteri Perdagangan dan Investasi yang baru, Mr. Stephen Green dan juga kegiatan in-store promotion di Harrods

  • Uzbekistan & Kazakstan

Kegiatan ini bersamaan dengan Joint Commission Meeting ke-2 yang dimaksudkan untuk menjajaki peluang di pasar non tradisional yang potensial

  • Afrika Selatan (Semester I, 2011)

Misi dagang ke Afrika Selatan ini dilaksanakan bersamaan dengan Joint Trade Committee, bertujuan untuk terus membuka peluang kerjasama di bidang perdagangan antara Indonesia dengan Afrika Selatan

  • Uni Emirat Arab (kwartal III, 2011)

Bersamaan dengan acara Joint Economic Comission, Kegiatan ini dimaksudkan untuk meningkatkan hubungan perdagangan kedua negara dan memanfaatkan peluang akses pasar di UEA sebagai negara penghubung di kawasan Timur Tengah dan Afrika

  • Korea Selatan

Kegiatan ini bersamaan dengan Trade Ministerial Meeting RI – Republik Korea yang dimaksudkan untuk meningkatkan kerjasama di bidang perdagangan dan investasi