Print Friendly and PDF

ASEAN Character Award: Salah satu media bagi Content Industry Indonesia untuk memasuki pasar Jepang

  June 16, 2015. Category: general

Dalam rangka implementasi kegiatan ASEAN Creative Network for the Development of Contents Industry, ASEAN - Japan Centre (AJC), Tokyo bekerjasama dengan LLP ASEAN Creative Supporters kembali pada tahun ini akan mengadakan the ASEAN Character Award yang ditujukan untuk para pelaku bisnis di bidang animation studios, animation distributors, games studios, game publisher, comic-book publishers, licensing business agencies dan marchandising companies. Pada tahun sebelumnya penghargaan ASEAN Character Award telah diberikan kepada 4 (empat) pemenang yang terdiri dari satu orang pemenang Grand Prize (Bloody Bunny dari Thailand), satu orang pemenang Second Prize (Main Studio dari Indonesia), dan dua orang pemenang Special Jury Award (Asva dari Kamboja dan Sign Design dari Indonesia).

Kementerian Perdagangan terus mendorong perkembangan content industry Indonesia agar lebih dikenal di pasar global dan pada akhirnya dapat meningkatkan konstribusinya terhadap perekonomian Indonesia. Salah satunya adalah dengan mendukung pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan oleh ASEAN Japan Centre. “Kegiatan ASEAN Character Award ini merupakan salah satu media bagi content industry Indonesia untuk memasuki pasar Jepang dan menemukan counterpart potensial dari negara tersebut dan juga dari negara anggota ASEAN lainnya. Dengan berhasilnya 2 (dua) perusahaan Indonesia meraih penghargaan ini pada tahun sebelumnya, menunjukkan bahwa content industry Indonesia sebenarnya mampu untuk bersaing”, papar Direktur Pengembangan Promosi dan Citra, Pradnyawati.

Bagi perusahaan yang berminat mengikuti Award ini harus mendaftarkan diri terlebih dahulu sebagai anggota ASEAN Creative Network (ACN) di website resmi ACN: https://asean.jp/ kemudian mengisi dan melengkapi formulir pendaftaran di website resmi ASEAN Character Award: https://asean.jp/acaward2014 sebelum tanggal 15 Juli 2015. Semua perusahaan yang masuk dalam nominasi akan dinilai oleh para ahli contents industry di Jepang, termasuk kepala editor salah satu media di Jepang. Adapun kriteria pemilihan pemenang Award adalah sebagai berikut:

  1. Merchantability          Evaluation for its licensing business performance
  2. Novelty                       Evaluation for a fresh perspective and fresh attempt
  3. Social Impact             Evaluation for its impact on society
  4. Creativeness              Evaluation for a creative perspective
  5. Potential                    Evaluation for its future possibilities

Bagi pemenang Award akan diberikan hadiah dengan kategori:

  • Grand Prize: Tropi dan uang tunai sebesar JPY 200.000 (USD 2.000)
  • Second Prize: Tropi dan uang tunai sebesar JPY 100.000 (USD 1.000), dan
  • Special Jury Award: Tropi dan JPY 100.000 (USD 1.000)

Penyerahan Award kepada pemenang akan dilakukan bersamaan dengan pelaksanaan Tokyo Game Show, yaitu pada tanggal 19 September 2015 di Makuhari Messe-Chiba Prefecture, Tokyo, Jepang. Pemenang juga akan diperkenalkan kepada sektor bisnis di Jepang melalui interview oleh salah satu perusahaan media terkemuka di Jepang.

Sumber : Dit. P2C DJPEN