Print Friendly and PDF

Kemendag Gelar Business Matching, Nilai Tambah TEI 2013

  October 03, 2013. Category: exporter

Perhelatan tahunan Trade Expo Indonesia (TEI) kembali digelar pada 16 – 20 Oktober 2013 mendatang di Jakarta International Expo (JIExpo), Kemayoran, Jakarta. TEI yang telah menginjak tahun ke-28 memberikan nilai tambah dengan menyelenggarakan business matching dalam format baru.

 

“Adalah menjadi visi kami (Kemendag) untuk menjadikan TEI sebagai agenda pameran internasional yang menyajikan produk dalam negeri yang berkualitas sekaligus menyediakan platform penggerak berbagai kegiatan ekonomi dengan efek berganda (multiplier effect),” terang Direktur Pengembangan Promosi dan Citra, Kemendag, Pradnyawati, dalam sambutannya yang dibacakan oleh Kepala Sub Direktorat Promosi Wilayah Amerika dan Eropa DJPEN pada saat technical meeting Kepesertaan TEI 2013, 2 Oktober 2013 lalu.

 

Upaya untuk meningkatkan nilai tambah TEI 2013 melalui business matching sebagai bentuk pelayanan Kemendag kepada pelaku usaha yang lebih optimal dengan penyelenggaraan yang dikelola secara profesional oleh Pico tba dan Socialwalk dengan disponsori oleh Bank Rakyat Indonesia. Business matching diselenggarakan setiap hari pada 17-20 Oktober 2013 pukul 10.00-19.00 WIB. Selain itu, di sela acara business matching, BRI juga akan mengadakan Business Workshop bagi para eksibitor. Para peserta TEI 2013 akan dipermudah dalam berjumpa dengan mitra bisnis yang tepat dengan adanya situs online yang disediakan oleh Socialwalk.

 

Technical meeting Kepesertaan TEI 2013 diselenggarakan untuk menyampaikan finalisasi teknis penyelenggaraan pameran tahunan tersebut dan dihadiri oleh seluruh peserta pameran, perwakilan DJPEN Kemendag, perwakilan JIExpo, serta perwakilan PICO dan Socialwalk. Sebagai pameran B to B terbesar di Indonesia, dalam 10 tahun terakhir TEI mengalami kemajuan yang signifikan.

 

Dari segi jumlah buyer, tercatat peningkatan dari 3.834 orang di tahun 2003 menjadi 5.430 orang di tahun 2012. Dari sisi transaksi, TEI mencatatkan kenaikan sebesar 944.89%, dari jumlah USD 95,8 juta di tahun 2003 menjadi USD 1,001 miliar di tahun 2013. Pada tahun 2012 TEI juga mendapatkan penghargaan Indonesia MICE Awards untuk kategori B to B exhibition berdasarkan hasil kuesioner pembaca majalah VENUE.

 

Seperti tahun-tahun sebelumnya, Kemendag bekerjasama dengan Kementerian Luar Negeri dan 129 Perwakilan RI di seluruh dunia (KBRI, KJRI, Atdag dan ITPC) guna mengundang buyer dari negara akreditasi mereka. Sampai dengan tanggal 1 Oktober 2013 telah terdaftar sebanyak 7112 buyer dari 92 negara. Adapun jumlah buyers terbesar berasal dari Nigeria dengan 10,05% dari total buyer yang mendaftar, Saudi Arabia 5,48%; India 5,18%; Afrika Selatan 5, 09%; Bangladesh 3,86% dan Australia 3,73%. Dari komposisi produk, beberapa jenis produk yang paling diminati oleh buyers adalah Wooden Furniture 3,88% diikuti oleh TPT 3,48%; Agricultural Products 3,37%; Fashion & Accessories 3,33%; Home Decoration 3,22%; Beverages 3,15% dan Household Appliances sebesar 2,92%.

 

TEI 2013 juga memiliki side events yang menguntungkan bagi para pelaku bisnis antara lain: Trade and Investment Forum dengan pembicara utama Menteri Perdagangan, Menteri Perindustrian dan Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal; Klinik Bisnis, diskusi-diskusi sektoral dan regional oleh Atdag dan ITPC; serta One on One Business Matching.

 

Tahun ini, TEI juga akan menampilkan Export Development Pavilion yang terletak di Hall D. Paviliun ini memamerkan berbagai produk, seperti produk industri strategis (pesawat udara, kapal laut, alat-alat pertahanan, radar telekomunikasi); bioteknologi, hilirisasi dari produk pertanian, perkebunan, dan pertambangan; produk otomotif; produk pemenang Primaniyarta 2012; produk kreatif dan Informasi Teknologi (IT); jasa tenaga kerja terampil (perawat, operator), jasa profesional dan konsultan serta produk-produk Usaha Kecil Menengah (UKM) unggulan lainnya.

 

Dalam rangkaian TEI 2013 juga diselenggarakan pameran Jakarta Fashion Week 2014 yang akan digelar pada tanggal 17-25 Oktober 2013, didahului dengan kegiatan Buyers Room dari tanggal 17-19 Oktober 2013 di Senayan City, Jakarta, dan Jogja Trade Expo 2013 pada tanggal 18-22 Oktober 2013 di D.I Yogyakarta.

 Sumber : Dit. P2C - DJPEN