Print Friendly and PDF

Meningkatkan kemampuan para pelaku usaha/eksportir di Provinsi JawaTimur melalui Seminar “Pengembangan Ekspor Bagi Perempuan Pengusaha Indonesia”

  August 30, 2013. Category: exporter

Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Kerjasama Pengembangan Ekspor bekerjasama dengan Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI), PT. AsuransiEkspor Indonesia (ASEI) dan Bank Mandiri menyelenggarakan kegiatan Aktivasi Kerjasama dalam Rangka Pengembangan Ekspor bagi Eksportir/Pengusaha Jawa Timur dengan tema “Pengembangan Ekspor Bagi Perempuan Pengusaha Indonesia” pada tanggal 26 Agustus 2013 di The Alana Hotel, Surabaya, JawaTimur.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi JawaTimur dan dihadiri oleh Ketua Umum IWAPI, (Ibu Dyah Anita Prihapsari), Ketua DPD IWAPI Prop. Jawa Timur (Ibu Wiwik ), Sekretaris Umum DPD IWAPI Prop Jawa Timur (Ibu. Liliek Endang), Manager Pemasaran Asuransi Ekspor ASEI (Bp. Agung B. Setiawan), perwakilan dari Bank Mandiri Surabaya (Bp. Usep Trysena,dan 60 eksportir/pengusaha anggota Ikatan Wanita Pengusaha Indonesia (IWAPI) Provinsi JawaTimur. Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan wawasan dan kemampuan para perempuan pengusaha Indonesia dalam rangka mengembangkan usahanya dan meningkatkan daya saing produknya dalam menghadapi persaingan di pasar internasional. Selain itu, diharapkan pula koordinasi antar stakeholders, baik publik maupun swasta, dalam melakukan pembinanaan usaha kecil-menengah dan mempromosikan potensi daerah dapat lebih terkoordinasi sehingga produk-produk dalam negeri lebih berdaya saing dan siap menghadapi pasar internasional, khususnya pasar tunggal ASEAN dalam kerangka Masyarakat Ekonomi ASEAN 2015.

Selain diisi oleh kegiatan seminar dan diskusi dengan narasumber dari Kementarian Perdagangan, IWAPI, ASEI, dan Bank Mandiri pada kesempatan tersebut diselenggarakan pula kegiatan Klinik Bisnis untuk memfasilitasi para pengusaha/eksportir yang berkeinginan untuk melakukan tanya jawab dan konsultasi seputar pembiayaan ekspor, asuransi ekspor, pengembangan produk untuk memenuhi standar internasional dan strategi promosi keluar negeri, khususnya ke pasar-pasar non-tradisional yang saat ini sedang bertumbuh.

Sumber : KPE DJPEN