Salah satu upaya Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan pertumbuhan ekspor pada semester kedua tahun 2013 dalam situasi perekonomian global yang belum pulih adalah melalui promosi produk bernilai tambah serta melakukan penetrasi ke negara-negara nontradisional.
“Untuk mendorong agresivitas para pelaku usaha Indonesia dalam melakukan penetrasi pasar berbagai produk ekspor, kami memberikan fasilitasi promosi melalui pameran bagi pelaku usaha. Semester kedua tahun ini DJPEN menyasar pasar nontradisional antara lain di kawasan Amerika Latin yang baru saja berjalan di Brazil dengan promosi produk houseware dan gift,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Gusmardi Bustami.
Disamping penetrasi ke negara-negara non-tradisional, promosi ke negara-negara tradisional seperti Eropa, China, dan Jepang akan tetap dilakukan dengan menampilkan produk-produk bernilai tambah. Dalam keikutsertaan di setiap pameran internasional, DJPEN memberikan fasilitasi pengadaan lahan dan pembangunan Paviliun Indonesia, serta membantu pengiriman barang peserta pameran.
Fasilitasi promosi yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan melalui DJPEN, lanjut Gusmardi, dimaksudkan demi meningkatkan jumlah dan frekuensi kontak serta kontrak dagang antara eksportir Indonesia dengan pembeli luar negeri, sekaligus meningkatkan peran dunia usaha dalam penetrasi pasar dan promosi ekspor. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan terdiri dari pameran internasional, pameran dalam negeri, misi dagang, dan instore promotion. Dengan pelayanan kegiatan promosi dan pencitraan diharapkan produk-produk Indonesia dapat bersaing di pasar global dan menjadi pilihan konsumen dunia.
Berikut ini adalah jadwal pameran luar negeri yang akan diikuti oleh DJPEN hingga akhir tahun 2013 :
No |
Nama Promosi |
Tanggal Pelaksanaan |
Product |
Lokasi |
1 |
House & Gift Fair |
17-20 Agustus |
Houseware & Gift |
Sao Paulo, Brazil |
2 |
ASEAN Consumer Fair Part 12 |
21-25 Agustus |
Multiproduk |
Brunei Darussalam |
3 |
11th CA-Expo Nanning |
3-6 September |
Multiproduk |
Nanning, China |
4 |
Tokyo International Gift Show |
4-6 September |
Handicraft |
Tokyo, Jepang |
5 |
Texworld Paris |
16-19 September |
Tekstil & Produk Tekstil |
Paris, Prancis |
6 |
World Food Moscow |
16-19 September |
Food and Beverage |
Moscow, Rusia |
7 |
APLF Fashion Access |
25-27 September |
Fashion & Accesories |
Hongkong, RRT |
8 |
Anuga |
5-9 Oktober |
Food & Beverages |
Cologne, Jerman |
9 |
OIC Expo |
28 Oktober - |
Multiproduk |
Tehran, Iran |
10 |
The Big Five |
25-28 November |
Building Material |
Dubai, UAE |
Informasi lebih lanjut mengenai program Promosi Dagang Tahun 2013 dapat menghubungi:
Direktorat Pengembangan Promosi dan Citra
Gedung Utama Kementerian Perdagangan Lantai 14
Jl. M.I. Ridwan Rais No. 5, Jakarta 10110
Telp : 021-23528644
Fax : 021-23528644
Contact Person : Tb. A. Machrodja