Print Friendly and PDF

Promosi Semester II 2013 : Strategi Penetrasi Pasar Nontradisional

  August 28, 2013. Category: exporter

Salah satu upaya Kementerian Perdagangan untuk meningkatkan pertumbuhan ekspor pada semester kedua tahun 2013 dalam situasi perekonomian global yang belum pulih adalah melalui promosi produk bernilai tambah serta melakukan penetrasi ke negara-negara nontradisional.

“Untuk mendorong agresivitas para pelaku usaha Indonesia dalam melakukan penetrasi pasar berbagai produk ekspor, kami memberikan fasilitasi promosi melalui pameran bagi pelaku usaha. Semester kedua tahun ini DJPEN menyasar pasar nontradisional antara lain di kawasan Amerika Latin yang baru saja berjalan di Brazil dengan promosi produk houseware dan gift,” ujar Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Kementerian Perdagangan, Gusmardi Bustami.

Disamping penetrasi ke negara-negara non-tradisional, promosi ke negara-negara tradisional seperti Eropa, China, dan Jepang akan tetap dilakukan dengan menampilkan produk-produk bernilai tambah. Dalam keikutsertaan di setiap pameran internasional, DJPEN memberikan fasilitasi pengadaan lahan dan pembangunan Paviliun Indonesia, serta membantu pengiriman barang peserta pameran.

Fasilitasi promosi yang diselenggarakan oleh Kementerian Perdagangan melalui DJPEN, lanjut Gusmardi, dimaksudkan demi meningkatkan jumlah dan frekuensi kontak serta kontrak dagang antara eksportir Indonesia dengan pembeli luar negeri, sekaligus meningkatkan peran dunia usaha dalam penetrasi pasar dan promosi ekspor. Kegiatan promosi yang dilakukan oleh Kementerian Perdagangan terdiri dari pameran internasional, pameran dalam negeri, misi dagang, dan instore promotion. Dengan pelayanan kegiatan promosi dan pencitraan diharapkan produk-produk Indonesia dapat bersaing di pasar global dan menjadi pilihan konsumen dunia.

Berikut ini adalah jadwal pameran luar negeri yang akan diikuti oleh DJPEN hingga akhir tahun 2013 :

No

Nama Promosi

Tanggal Pelaksanaan

Product

Lokasi

1

House & Gift Fair

17-20 Agustus

Houseware & Gift

Sao Paulo, Brazil

2

ASEAN Consumer Fair Part 12

21-25 Agustus

Multiproduk

Brunei Darussalam

3

11th CA-Expo Nanning

3-6 September

Multiproduk

Nanning, China

4

Tokyo International Gift Show

4-6 September

Handicraft

Tokyo, Jepang

5

Texworld Paris

16-19 September

Tekstil & Produk Tekstil

Paris, Prancis

6

World Food Moscow

16-19 September

Food and Beverage

Moscow, Rusia

7

APLF Fashion Access

25-27 September

Fashion & Accesories

Hongkong, RRT

8

Anuga

5-9 Oktober

Food & Beverages

Cologne, Jerman

9

OIC Expo

28 Oktober -
1 November

Multiproduk

Tehran, Iran

10

The Big Five

25-28 November

Building Material

Dubai, UAE

Informasi lebih lanjut mengenai program Promosi Dagang Tahun 2013 dapat menghubungi:

Direktorat Pengembangan Promosi dan Citra

Gedung Utama Kementerian Perdagangan Lantai 14

Jl. M.I. Ridwan Rais No. 5, Jakarta 10110

Telp : 021-23528644

Fax : 021-23528644

Contact Person : Tb. A. Machrodja