Print Friendly and PDF

Pameran House and Gift Fair 2013 : Indonesia Jajaki Peluang Ekspor Peralatan Rumah Tangga dan Dekorasi di Amerika Latin

  August 16, 2013. Category: exporter

Indonesia melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan (DJPEN Kemendag) kembali berpartisipasi untuk kedua kalinya pada House and Gift Fair 2013 yang akan diselenggarakan pada tanggal 17-20 Agustus 2013 di Expo Centre Norte, Sao Paulo, Brazil. Partisipasi Indonesia pada pameran ini bertujuan untuk menjajaki peluang produk Indonesia agar mampu berkompetisi dengan produk-produk negara pesaing di tingkat dunia.

Paviliun Indonesia akan menampilkan 12 perusahaan dalam area seluas 130 m2 untuk produk Sport Equipment, Garment Batik Natural, Abaca Mat, Doormat, Placement, Wooden Floor Mat, Wooden Table Mat, Handicraft, Glass & Ceramic Tableware, Furniture, Jogja Silver Arts, dan Nano LED Lamp.

Mengusung tema “Trade with Remarkable Indonesia”, Paviliun Indonesia memfasilitasi perusahaan terpilih tersebut agar dapat mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman produk peralatan rumah tangga dan dekorasi yang berasal dari berbagai bahan dasar dan daerah di Indonesia. Keanekaragaman produk Indonesia dimaksud memiliki keunggulan komparatif dari segi desain yang unik yang dihasilkan dari karya cipta dan kearifan lokal yang diturunkan secara turun temurun (heritage-based), serta menggunakan bahan yang ramah lingkungan sehingga tak kalah dalam persaingan di pasar global.

Brazil berada di peringkat 22 pasar tujuan ekspor nonmigas Indonesia dengan total perdagangan selama Januari-Mei 2013 mencapai nilai USD 1,31 juta, meningkat 6,21% dibandingkan periode yang sama setahun sebelumnya dengan nilai USD 1,23 juta. Selama periode 5 (lima) tahun terakhir, ekspor Indonesia ke pasar nontradisional ini cenderung fluktuatif dengan tren sebesar 15,91%.

“Brazil selama ini kurang dilirik pengusaha Indonesia karena terhalang jarak yang jauh. Padahal negara ini memiliki peluang yang cukup besar, terutama tahun depan Brazil akan menjadi tuan rumah Piala Dunia 2014 dan pengusaha Indonesia harus bisa membidik peluang dari penyelenggaraan turnamen sepakbola terbesar di dunia tersebut,” lanjut Pradnyawati.

House & Gift Fair merupakan pameran dagang terbesar di Amerika Latin untuk peralatan rumah tangga dan dekorasi. Pameran ini menempati 6 hall khusus yang terdiri dari Home decor, Pictures and Frames, Electro House, Utility House, Furniture, Textile House dan World of Gifts. Diikuti oleh lebih dari 1.300 eksibitor, pameran ini menarik buyer dari 51 negara yang diperkirakan tahun ini akan dikunjungi oleh lebih dari 49.000 pengunjung.

“Pada akhirnya, tentu saja, melalui pameran ini diharapkan partisipasi ini dapat menjadi ujung tombak produk Indonesia dalam memasuki pasar baru, khususnya di wilayah Amerika Latin,” tutup Pradnyawati.

Sumber : P2C DJPEN