Print Friendly and PDF

The Big Five Dubai 2012: Trade with Remarkable Indonesia Komitmen Tingkatkan Produk Unggulan Anak bangsa

  November 12, 2012. Category: exporter

Indonesia berpartisipasi pada pameran The Big Five Show 2012. Pameran yang diselenggarakan di Dubai International Exhibition dan Convention Centre, Dubai, Uni Emirat Arab (UEA), ini berlangsung dari tanggal 5 hingga 8 November 2012 mendatang. Menurut Direktur Pengembangan Promosi dan Citra Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan, Pradnyawati, “Partisipasi Kementerian Perdagangan dalam pameran ini merupakan bentuk lanjutan komitmen tingkatkan citra Indonesia produk unggulan karya anak bangsa.”

Paviliun Indonesia mengambil tema “Trade with Remarkable Indonesia”. Tema tersebut mencerminkan kekayaan dan keanekaragaman produk building material Indonesia yang ditampilkan di Paviliun Indonesia seluas 210 m2.

The Big Five Show merupakan pameran building materials terbesar di kawasan Timur Tengah. Selama lebih dari 30 tahun, pameran ini dikunjungi pembeli dari seluruh Timur Tengah khususnya produk bangunan dan konstruksi. Dalam area pameran seluas 44.806 m2, The Big Five 2012 dikunjungi lebih dari 35.000 pembeli dari 80 negara. Pembeli yang terdiri dari Arsitek, insinyur, kontraktor dan specifier lainnya, pengembang, importir dan distributor.

 

Pada Pameran ini, Kementerian Perdagangan RI memfasilitasi booth sebesar masing-masing 3 x 4 m2 kepada 16 perusahaan, yaitu: Promosia Indonesia (Bathroom Accessories), Allegra Interiors (Natural Panel for Interior), Air Duct Panelindo (Panel for Air Conditioner Installation), Diraja Surya Furniture (Floor Tile), Tulus Tri Tunggal (Wooden Door for Engineering Construction), Metal Forming Industry (Metal Roofing, Prefabricated House, Pre-engineer Warehouse, Rollforming Machine), Sumatera Prima Fibreboard (Medium Density Fibreboard), Sukses Jaya Perkasa (Polyester Plywood, Blockboard and MDF), Diana Jaya Mulia (Anti Fire Door), Octo Agung (Flooring), Top Mebel Furniture (Door), Istana Kayu Sukses Makmur (Flooring, Decking, Paquet, Fences, Poles, Garden Tile), Mahagony Citra Selaras (Wooden Flooring & Decks), Jejaring Kamardhikan Forestry (Decking/Anti Slip, Doorjamp, Flooring), Bina Bangun Bahari (Plywood), dan Asia Forestama (Plywood, Polyester Plywood, Flooring).

Pameran ini diikuti Lebih dari 2.300 peserta dari 65 negara dan terdiri dari 33 paviliun. Selain paviliun Indonesia, terdapat paviliun Jerman, Yunani dan Cina. Tahun lalu, peserta pameran antara lain: Eropa, Timur Tengah, Asia dan Asia Tenggara, Australia, Amerika, dan Afrika.  

Produk yang di tampilkan antara lain: Marble/Ceramic/Stone, Openings, Glass & Glazing, Metal, Wood, Plastic & Composite, Bathrooms & Kitchens, HVAC, Electrical Systems, Communications, Plumbing/Water Technology, Fire Suppression & Protection, Pipelines, Special Construction (Swimming Pools, Fountains etc), Thermal Moisture Protection, Conveying Systems, Finishes (Coating, Painting, Gypsum, Tiling etc), Safety & Security Equipment, Tools, Scaffolding.

Pradnyawati berharap, “Partisipasi Indonesia dalam Pameran The Big Five 2012 dapat membantu memperkenalkan produk Indonesia kepada para buyer internasional dengan mutu dan kualitas yang berdaya saing tinggi di pasar Internasional”.

UEA berada di urutan ke-19 sebagai negara tujuan ekspor nonmigas Indonesia pada tahun 2011 senilai US$ 1,7 miliar. Sepanjang tahun 2011, Indonesia mengalami surplus perdagangan sebesar US$ 1,3 miliar dengan nilai impor dari UEA yang hanya senilai US$ 318,96 juta.

“Pameran ini dapat menjadi wadah penghubung untuk menjalin hubungan bisnis (Bussiness to Bussiness/B2B) yang sehat dan berkelanjutan antara para produsen Indonesia dengan pelaku usaha UEA dan sekitarnya maupun internasional”, lanjutnya.

Sumber : P2C - DJPEN