Print Friendly and PDF

Ditjen PEN pada FGD Promosi Produk Indonesia ke Jepang

  November 26, 2020. Category: headline

Kamis, 26 November 2020

 

 

 

 

Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor Ditjen PEN Kemendag, Iriana Trimurty Ryacudu menjadi salah satu narasumber pada Focus Group Discussion (FGD) Penentuan Produk Prioritas dan Penyusunan Strategi Promosi Peningkatan Ekspor Indonesia di Pasar Jepang, pada Kamis (25/11). FGD ini bertujuan untuk merumuskan strategi peningkatan ekspor sebagai masukan dalam penyusunan rencana program kerja perwakilan perdagangan Indonesia di Jepang.

 

Pada FGD yang dilaksanakan secara virtual ini, Direktur Iriana memaparkan Kebijakan dan Strategi Peningkatan Ekspor Nasional yang mengulas Outlook Perdagangan di tengah Pandemi Covid-19, Kebijakan Peningkatan Kinerja Ekspor Indonesia, Program Peningkatan Ekspor Ditjen PEN, dan Dukungan Pemulihan Ekonomi Indonesia 2021. Salah satu hal yang disampaikan Direktur Iriana untuk perwakilan di Jepang adalah pentingnya market power Indonesia di Jepang. Market power merupakan indeks yang mencerminkan kekuatan penguasaan pasar produk ekspor Indonesia negara tujuan ekspor, sehingga semakin tinggi indeks market power maka semakin kuat penguasaan pasar produk ekspor Indonesia di negara tujuan ekspor.

 

Narasumber lainnya adalah Kepala Badan Pengkajian dan Pengembangan Perdagangan Kemendag, Oke Nurwan yang memaparkan Outlook Perdagangan 2021 dan Pemetaan Produk Prioritas Ekspor Indonesia di Pasar Jepang.

 

FGD ini dihadiri 26 peserta termasuk di antaranya Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia di Tokyo, Chief Representative PPT Energy Trading Co., Ltd., Minister Counsellor Fungsi Ekonomi KBRI Tokyo, Konsul Ekonomi KJRI Tokyo, Atase Perdagangan KBRI Tokyo, Atase Perindustrian KBRI Tokyo, Atase Keuangan KBRI Tokyo, Atase Pertanian KBRI Tokyo, Atase Kehutanan KBRI Tokyo, Kepala Indonesia Investment Promotion Center Tokyo, BNI Tokyo, BNI Osaka, dan Garuda Indonesia Osaka.