FASILITASI
SERTIFIKASI

Kementerian Perdagangan RI akan mengkurasi UKM seluruh penjuru tanah air dari berbagai sektor untuk mendapatkan fasilitasi pendaftaran sertifikasi produk sebagai berikut:

KEAMANAN PANGAN

Pedoman tata cara mengontrol kualitas produksi pangan sebagai jaminan proses produksi bagi konsumen menjadi sebuah syarat bagi produk pangan beberapa negara tujuan ekspor. Untuk itu sertifikasi keamanan pangan HACCP ini kerap dimintakan oleh buyer produk pangan di pasar mancanegara.

STANDARD/LABELING

Sertifikasi bernilai tambah untuk produk konsumsi di beberapa pasar negara tradisional dan maju seperti Eropa, Amerika, dan Jepang sangat memperhatikan tren baru konsumsi seperti organik. Kelebihan konsumen pasar negara maju juga mereka mulai memahami bahwa Halal identik dengan kesehatan, sehingga label halal tidak hanya dicari konsumen muslim namun juga konsumen yang memang paham dengan produk kesehatan.

KEKAYAAN INTELEKTUAL

Manfaat terdaftarnya aset kekayaan intelektual produk maupun perusahaan dalam hal ini Merek serta Desain Industri bagi dunia usaha adalah adanya kejelasan perlindungan terhadap penyalahgunaan atau pemalsuan karya intelektual yang dimilikinya oleh pihak lain di dalam negeri maupun di luar negeri.

Pelaku usaha yang dapat dikurasi

Memiliki NIB dan NPWP atau ijin usaha terdaftar berstatus aktif

Produk yang diajukan telah dipasarkan minimal selama 2 tahub

Modal perusahaan tidak berasal dari PMA

Produk merupakan produksi sendiri yang berpotensi ekspor


Untuk keterangan lebih lanjut dapat menghubungi
Direktorat Pengembangan Produk Ekspor
di email berikut:
direktoratppe@gmail.com
atau nomor berikut:
+62 21 3858171 ext 37443