Search

Kolaborasi Mendorong Peningkatan Akses Pasar Produk Elektronik ke Pasar Global

  Dengarkan Berita Ini


Direktur Pengembangan Ekspor Produk Manufaktur Dewi Rokhayati memaparkan program dan strategi pengembangan ekspor produk elektronik ke pasar global pada kegiatan Sosialisasi Implementasi Perundingan Kerjasama Internasional Dalam Rangka Peningkatan Akses Pasar dan Ekspor Sektor Elektronik dan Telematika yang diselenggarakan secara hibrida di Semarang, Selasa (6 Feb).

Kegiatan ini sebagai perwujudan kolaborasi antara Ditjen Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan dan Ditjen ILMATE, Kementerian Perindustrian untuk meningkatkan akses pasar produk elektronik.

Kegiatan dihadiri oleh kurang lebih 80 peserta yang merupakan pelaku usaha elektronik dan perwakilan asosiasi.

Direktur Pengembangan Ekspor Produk Manufaktur menyampaikan bahwa tren permintaan dunia untuk produk elektronik mencatatkan pertumbuhan rata-rata 7,23% per tahun. Untuk itu perlu sinergi program promosi salah satunya melalui fasilitasi pameran dagang internasional kolaborasikan antara Kementerian Perdagangan dan Kementerian Perindustrian.

Lebih lanjut, Direktur Dewi menyampaikan bahwa kinerja ekspor produk elektronik Indonesia juga menunjukkan tren positif sebesar 13,43% selama 5 tahun terakhir (2018-2022).

Pada kesempatan tersebut juga disampaikan peta kekuatan negara pesaing Indonesia di pasar global serta tarif yang berlaku di beberapa negara tujuan ekspor dan posisi produk elektronik Indonesia terhadap permintaan global.