Print Friendly and PDF

Komoditi yang Bersifat Natural dan Organik

  November 06, 2014. Category: general

Produk-produk yang bersifat natural dan organik didefinisikan sebagai produk yang dibudidayakan secara natural tanpa rekayasa genetika, tanpa menggunakan senyawa dan atau bahan-bahan yang bersifat kimiawi. Mengkonsumsi produk yang bersifat natural dan organik dipercaya sebagai hal yang lebih baik bagi kehidupan manusia, hewan dan lingkungan. Produk makanan, minuman, dan produk pertanian serta perikanan yang bersifat natural dan organik sangat banyak dikonsumsi oleh masyarakat Inggris.

Sehingga beberapa buyers dari Inggris yang menghadiri TEI-29 tanggal 8-12 Okrober 2014 menyatakan sangat berminat terhadap beberapa komoditi yang bersifat natural dan organik diantaranya cashew butter, air kelapa dalam kemasan, kopi, kakao, minyak atsiri, skin care cosmetics dan snacks. Sertifikasi organik tersebut dikeluarkan oleh Lembaga Sertifikasi Produk Organik yang berada di luar Indonesia. Sayangnya belum banyak produsen dari Indonesia yang memiliki sertifikat organik yang dikeluarkan oleh lembaga sertifikasi di luar Indonesia. Informasi dan permintaan buyers ini kiranya patutt ditanggapi dan ditindaklanjuti oleh produsen, penjual (seller) dan pemangku kepentingan di Indonesia dalam upaya meningkatkan ekspor indonesia ke Inggris.

Mengingat terbatasnya kapasitas beberapa produsen komoditi terkait, kiranya dapat diusulkan antara lain upaya peningkatan kerjasama perdaganagn Indonesia-Inggris termasuk perwujudan Mutual Recognition Arrangement (MRA) bidang sertifikasi mutu barang, pendampingan pemerintah dalam proses sertifikasi organik, pemberian kredit dengan bunga lunak dan inverstasi baik domestik maupun asing.

Sumber : Perwakilan Kedutaan Besar Republik Indonesia di London