News & Information

Perkembangan Peraturan Komisi Eropa Mengenai Endokrin

Komisi Eropa menyusun aturan mengenai kandungan bahan kimia, yang  dikenal sebagai endokrin (Endocrine Disruptor-ED) sesuai amanat aturan perlindungan tanaman (plant protection product regulation EC 1107/2009) dan peraturan produk biosida (Biocidal Products Regulation-EU 528/2012). Bahan kimia yang termasuk ED dapat memiliki efek yang merugikan pada hormon di seluruh sistem tubuh. Komisi Eropa merencanakan menggunakan sistem “hazard-based” untuk mengatur produk pelindung tanaman yang bersifat ED, seperti immunotoxic, mutagenic, carciogenic, having developmental toxicity, reproductive toxicity, atau endocrine disrupting properties. Dalam batas ini, batas maksimum (cut-off) akan ditentukan untuk berbagai kategori ED yang akan dipakai sebagai kriteria dalam menghapus suatu produk dari peredaran.

Tahapan konsultasi publik telah dilakukan pihak Komisi Eropa sejak September 2014 hingga januari 2015. Pada tahapan penyusunan ED berikutnya, pihak komisi Eropa akan melakukan analisis dampak penerapan rencana peraturan ED (impact assessment/analysis) tersebut terhadap perekonomian, kesehatan dan lingkungan hingga akhir 2016, selanjutnya, kriteria suatu produk bersifat ED akan ditetapkan setelah kuartal pertama 2017.

Dari proses konsultasi publik, terdapat sekitar 1000 komentar yang berasal dari petani, ahli budaya pertanian (Agronomist) dan asosiasi petani. Berbagai komentar responden tersebut menggaris bawahi pentingnya kriteria yang tepat yang akan diterapkan sesuai dengan tujuan yang akan dicapai dari suatu peraturan.

By : Administrator , 24 August 2015