News & Information

KUNJUNGAN MEDCO ENERGY GROUP KE SUDAN

Pada 1 April 2015, Duta Besar RI telah menerima kunjungan delegasi dari perwakilan PT. Medco Energy Group Indonesia yang sedang berada di Sudan dalam rangka menjajaki kemungkinan investasi di sektor perminyakan.

Delegasi Medco menyampaikan bahwa PT. Medco Energy bersama mitra usaha dari Malaysia dan Brunei Darussalam sedang menjajaki kemungkinan investasi di blok minyak 17 Kordofan Selatan. Kunjungan kali ini dimaksudkan untuk mendapatkan informasi dan melakukan pertemuan dengan sejumlah pemangku kebijakan di Sudan dan nantinya ditindaklanjuti dengan kunjungan berikutnya ke lapangan.

Sejak ditemukannya minyak di Sudan pada tahun 1999, perekonomian Sudan sangat bergantung pada perolehan minyak yang mencapai 560 ribu barel per hari. Namu sejak berpisahnya Sudan Selatan pada tahun 2011, pendapatan dari sektor minyak turun drastis karena sebagian besar (74%) kandungan minyak berada di wilayah Sudan Selatan. Meskipun sudah berpisah tetapi hubungan kedua negara di bidang perminyakan masih tetap berjalan hingga sekarang. Sudan Selatan masih menyewa fasilitas oil pipe line, refinery dan pelabuhan laut Port of Sudan untuk mengekspor minyaknya. Saat ini, Kementerian Perminyakan Sudan terus berupaya meningkatkan produksi minyak dengan melakukan aktivitas eksplorasi dan mengajak sejumlah investor untuk menanamkan modalnya di Sudan.

Pengusaha Sudan dari Amefa Trading & Engineering juga ikut hadir pada pertemuan tersebut untuk mendiskusikan kerjasama ekonomi dengan Indonesia. Kesempatan tersebut dimanfaatkan untuk berdiskusi dengan Medco mengenai kerja sama di bidang perminyakan dan perdagangan umum dimana pihak Medco bersedia membantu mencarikan mitra perusahaan di Indonesia yang tertarik untuk memenuhi kebutuhan barang yang dibutuhkan Amefan (semua jenis kertas, obat, kosmetik, sarung tangan medis, foodstuffs, suku cadang mobil, produk kayu dan furnitur).

Selanjutnya perusahaan-perusahaan di Indonesia dapat menghubungi alamat berikut:

Amefan Trading & Engineering Services Co. Ltd

Khartoum-Amarat Street St.7, Bld. 41

Phone: (+249) 154870711, 154870708, 1548707070

Email: amefan015@gmail.com, amefan47@hotmail.com

 

Perihal keamanan, Dubes RI menyatakan situasi keamanan di daerah yang dimaksud sudah dibawah kendali aparat Sudan dan tidak ada peperangan lagi. Kadang memang terjadi tindak kekerasan di daerah tersebut namun murni merupakan tindak kriminal biasa dan tak berkaitan dengan pemberontak bersenjata. Dubes RI dengan optimis menyatakan bahwa situasi di Sudan akan membaik. Hal tersebut berdasarkan upaya-upaya Presiden Bashir yang berusaha mwujudkan Sudan yang kondusif bagi pembangunan ekonomi dan investasi asing.

By : Administrator , 04 May 2015