News & Information

Potensi pasar Produk dan Jasa di Belanda

Dukungan yang kuat diberikan Pemerintah Belanda untuk negara-negara berkembang terutama Indonesia dalam hal pemberian informasi potensi pasar perdagangan di Belanda. CBI atau pusat promosi Impor dari Negara berkembang adalah Badan Kementerian Luar Negeri Kerajaan Belanda, secara regular merilis potensi pasar untuk produk dan jasa bagi UKM eksportir. Menurut informasi yang dirilis oleh CBI potensi pasar untuk produk dan jasa ke Eropa diantaranya :

  1. Pertanian, Perikanan dan kehutanan

Bunga potong dan Daun; Produk Perikanan; Bahan makanan; Buah segar dan Sayuran; Bahan-bahan alami untuk kosmetik; Batu Alam; Kayu dan produk kayu; Wine.

  1. Produk Konsumen

Pakaian; Furniture Domestik; Home Decoration dan Home Tekstil; Perhiasan; Perlengkapan Kantor dan Sekolah.

  1. Industri Produk

Bagian Automotif; Komponen Elektronik;  Produk Mesin; Perangkat medis dan sekali pakai; Coran Metalworking dan tempa; Cat dan Coatin; Alat Pelindung Diri; Pipa dan Peralatan Prosesnya.

  1. Jasa

Outsourcing Proses Bisnis; Jasa Rekayasa; IT Outsourcing layanan; Pariwisata.

Terdapat beberapa hambatan Non-Tarif dan Peraturan Impor yang perlu diperhatikan Eksportir Indonesia saat akan mengirimkan produknya ke Belanda, berikut diantaranya :

  • Alat kesehatan dan Produk

Peraturan Belanda meliputi peralatan teknis medis mengikuti arahan Uni Eropa, yang menyediakan aturan untuk klasifikasi dari semua produk perawatan kesehatan berdasarkan kategori resiko. Pabrikan diwajibkan oleh pengarah untuk menetapkan perangkat untuk salah satu kelas resiko.

Belanda hukum produk medis:

Besluit Actieve Implantaten 1993 berlaku untuk semua peralatan yang digunakan dalam tubuh manusia; Besluit Medische hulpmiddelen 1995 berlaku untuk semua peralatan, instrument dan bahan yang digunakan pada atau dalam tubuh manusia. Kedua undang-undang Uni Eropa menerapkan pedoman yang meliputi peralatan medis dan memerlukan tanda CE (Conformité Européenne) untuk semua perangkat medis.

Untuk beberapa produk berisiko  rendah kelas I, produsen dapat sendiri menyatakan kepatuhan dengan persyaratan Uni Eropa dan membubuhkan tanda CE setelah kompilasi “file teknis”untuk produk; bagi orang lain, sertifikasi oleh “notified Dutch body” (lembaga sertifikasi terakreditasi seperti TNO atau KEMA) diperlukan.

  • Manual Instruksi

Tanda CE mengharuskan perangkat lunak antarmuka pengguna, buku petunjuk, label peringatan dan pedoman teknis harus dalam bahasa nasional, yaitu Belanda. Untuk perangkat medis dalam kategori I dan instruksi manual IIa adalah opsional, tetapi jika disediakan, mereka  harus dalam  bahasa Belanda. Untuk kategori IIb dan III manual harus selalu disediakan dan harus tersedia dalam bahasa Belanda.

  • Obat Homeopati

The MEB (Medicines Evaluation Board Agency) juga telah bertugas otorisasi produk homeopati untuk  keselamatan dan kualitas dalam rangka untuk mematuhi peraturan Eropa. Karena itu semua obat homeopati harus terdaftar MEB sebelum disetujui untuk dijual di Belanda. (Register terpisah digunakan untuk produk homeopati dan obat resep). Semua obat harus diproduksi sesuai dengan metode Eropa yang disepakati sebelum mereka dapat didaftarkan dan didistribusikan di negara-negara Uni Eropa. Peraturan Eropa juga membutuhkan label pada produk obat di Braille.

  • Lembaga Pengaturan
  • Medicines Evaluation Board Agency

P.O Box 8275

3503 RG Utrecht

Tel : +31 88 2248000

Fax : +31 88 2248001

Email : info@cbg-meb.ni

Website : www.cbg_meb.ni

  • European Medicines Agency (EMEA)

7 Westferry Circus

Canary Wharf

London, E14 4HB United Kingdom

Tel : +44-207 4188400

Fax : +44-207 4188416

Email : mail@emea.europa.eu

Website : www.emea.europa.eu

 

  • Produk Konsumen

Banyak produk konsumen, misalnya mainan anak-anak, mesin, peralatan listrik dll membutuhkan tanda CE (Conformité Européenne) sebelum dijual di Belanda. Informasi tentang Uni Eropa Directives Recommendation untuk mendapatkan tanda CE tersedia dari sejumlah sumber.

  • Kayu & Produk Bangunan

Belanda mengikuti peraturan Uni Eropa. Sejak Maret 2013, peraturan kayu Uni Eropa (EUTR) berpengaruh pada ekspor hutan dari Indonesia. The EUTR dilaksanakan untuk melawan pembalakan liar. Importir di Belanda memerlukan informasi yang cukup yang menunjukkan bahwa produk kayu yang berasal dari hutan harus bersertifikat. Sebuah panduan referensi yang baik pada EUTR dapat ditemukan di: www.ettf.info/sites/default/files/ettf_due-diligence-system-document_dec2012.pdf

Eksportir Indonesia kayu-kayu lunak dan beberapa item kayu lunak sebagai kemasan harus memastikan bahwa setiap produk yang di ekspor ke Belanda disertai dengan sertifikat proses pemanasan. Terhitung sejak September 2009, kayu untuk aplikasi beban dalam konstruksi akan membutuhkan tanda CE, kesesuaian dengan EU Directive EN-14081. Lain produk nilai tambah perlu memenuhi persyaratan Uni Eropa untuk membangun produk secara umum, yang meliputi CE-tanda, sebagaimana tercantum dalam EU’s Construction Products Directive.

  • Pangan Pertanian dan Makanan Laut

Impor pangan pertanian diatur oleh peraturan pemerintah yang kompleks dan selalu berubah Uni Eropa dan Nasional. Dianjurkan untuk menghubungi Komisaris Perdagangan untuk update terbaru mengenai peraturan.

Belanda ketat mengikuti peraturan Uni Eropa pada keamanan pangan dan impor hewan dan produk hewan. Ia berusaha untuk mempertahankan citra sebagai pemasok produk makanan berkualitas (Belanda adalah titik transfer utama pangan pertanian).

  • Informasi tentang Peraturan akses pasar pangan pertanian dan makanan laut

Bea Cukai Belanda menyediakan informasi impor yang mana Otoritas makanan dan keamanan produk konsumen Belanda (NVWA) telah melakukan proses penyeleksian. The NVWA merupakan bagian dari Departemen Urusan Ekonomi, Pertanian dan Inovasi.

  • The Plant Protection Service (PD)

PD bertanggung jawab untuk pemeriksaan impor tanaman ke Belanda. Persyaratan impor phytosanitary dari Belanda secara langsung didasarkan pada konsersium kesehatan tanaman dari Masyarakat Eropa dan negara anggotanya. Tujuan dari persyaratan ini adalah untuk mencegah pengenalan dan penyebaran (karantina) hama dan penyakit dalam Uni Eropa. persyaratan kesehatan tanaman dapat di temukan disitus Uni Eropa The Plant Protection Service (PD) Responsible for Inspection of crop imports into The Netherlands

  • Plant Protection Service (PD)

P.O. Box 9102

6700 HC Wageningen, The Netherlands

Tel: +31 (0) 317496911

Fax: +31 (0) 317 421701

Email : pd.info@minlnv.nl

By : Administrator , 12 February 2015