DGNED CSC

KEGIATAN CUSTOMER SERVICE CENTER

Direktorat Pengembangan Ekspor Nasional Kementerian Perdagangan

Seiring dengan semakin meningkat persaingan dalam praktek perdagangan internasional, pemberian informasi perdagangan kepada dunia usaha dalam luar negeri dipandang penting artinya khususnya bagi pengembangan pasar internasional. Penguatan kemampuan eksportir Indonesia melalui pemberian informasi tentang pasar internasional serta layanan kepada pembeli luar negeri berdasarkan kebutuhan permintaan peluang perdagangan perlu terus ditingkatkan, hal ini dilakukan guna memenuhi kebutuhan informasi pelaku usaha.

Sebagai salah satu unit yang berada dibawah Kementerian Perdagangan R.I. Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional yang mengemban tugas dalam pengembangan ekspor, melaksanakan pengembangan layanan konsultasi dan informasi ekspor yang diharapkan mampu merespon kebutuhan informasi bagi dunia usaha dalam negeri/eksportir dan luar negeri/pembeli.


  1. Untuk memberikan peningkatan pelayanan kepada pelaku usaha melalui kegiatan konsultasi bisnis, pelayanan inquiry, business matching, penyebaran informasi, seminar & workshop, dll) baik kepada eksportir dan pembeli asing.
  2. Untuk meningkatkan diseminasi informasi yang lebih spesifik bagi eksportir dan pembeli .

  1. Pembeli luar negeri/buyer dan eksportir Indonesia, dimaksudkan keduanya mendapatkan kemudahan dalam memperoleh layanan teknis dalam melakukan kegiatan perdagangan ekspor.
  2. Asosiasi Industri.
  3. Lembaga perdagangan terkait.
  4. Akademisi dan masyarakat umum.

  1. Pelayanan Permintaan Hubungan Dagang (Trade Inquiry Service)
  2. Pelayanan Kunjungan Pembeli Luar Negeri (Buyer Service)
  3. Konsultasi Perdagangan .
  4. Permanent Trade Display.
Pemberian layanan secara on-line dan off-line.
  1. Layanan off-line, layanan yang dilakukan secara tatap muka baik untuk layanan konsutasi bisnis maupun pertemuan bisnis antara eksportir Indonesia dan buyer (business matching).
  2. Layanan on-line dilakukan dalam media website (DGNED Membership Service), merupakan fasilitas pendukung dalam operasional CSC. Melalui media layanan online ini, pelaku usaha dalam dan luar negeri dapat mengakses informasi pasar/informasi pemasok, promosi, pengembangan produk dan informasi perdagangan lainnya serta dapat melalukan permintaan hubungan dagang (trade inquiry) maupun melalukan business matching.
  1. Layanan Informasi Umum
    • Pengisian form kunjungan
    • Identifikasi informasi yang diperlukan
    • Pencarian Sumber Data
  2. Konsultasi Bisnis
    • Pengisian form kunjungan
    • Identifikasi permasalahan yang dihadapi eksportir
    • Pengaturan pertemuan konsultasi
    • Penunjukan petugas/konsultan yang sesuai dengan permasalahan
  3. Pelayanan Permintaan Hubungan Dagang
    • Menjawab surat/email/telepon/fax permintaan pembeli luar negeri yang berminat membeli produk Indonesia dengan merekomendasikan daftar eksportir Indonesia kepada pembeli luar negeri;
    • Menyampaikan informasi kepada para eksportir Indonesia perihal adanya inquiry dari luar negeri sesuai dengan produk yang diminati;
    • Monitoring dan evaluasi pelayanan permintaan hubungan dagang kepada eksportir yang tersebar di seluruh propinsi;
    • Berkoordinasi dengan Atase Perdagangan & ITPC dalam hal membantu buyer/seller melakukan hubungan bisnis.
  4. Pelayanan Pembeli Luar Negeri
    • Mempersiapkan infomasi (daftar eksportir, akomodasi,dll.), sehubungan dengan kedatangan calon pembeli luar negeri kepada pihak-pihak terkait.
    • Memberitahukan rencana kedatangan calon pembeli kepada para eksportir yang memenuhi kriteria untuk melakukan transaksi bisnis.
    • Mengatur program kunjungan dan menyiapkan jadwal pertemuan antara calon pembeli dengan para eksportir.
    • Menyediakan/mengatur kendaraan antar jemput, baik yang disediakan oleh DJPEN, layanan dari hotel maupun yang disediakan oleh perusahaan yang dikunjungi.
    • Membantu booking hotel bagi para calon pembeli dengan special rate.
    • Menjemput para calon pembeli dari/ke bandara, dari/ke hotel maupun dari/ke perusahaan-perusahaan yang ingin mereka kunjungi.
    • Mendampingi para calon pembeli dalam kunjungan mereka ke perusahaan-perusahaan.
    • Menyediakan penterjemah, apabila perusahaan yang dikunjungi menghendaki.
    • Berkoordinasi dengan Atase Perdagangan & ITPC dalam hal membantu buyer mendapatkan kontak bisnis melalui layanan inquiry.
    • Melakukan pendataan calon pembeli untuk selanjutnya diinput ke dalam database.
    • Melakukan evaluasi dan laporan kunjungan dan kegiatan calon pembeli selama mereka berada di Indonesia.
  5. Display Produk
    • Penyebaran form peserta display produk
    • Seleksi produk
    • Pembagian zona display dan desain tampilan
    • Pengaturan penggantian produk per 3 (tiga) bulan