Bayu Ramadhan
Wardani Edward
Designer Detail
Detail Information
Name : Bayu Ramadhan Wardani Edward
Country : Indonesia
Region : Jawa Barat - Kota Bandung
Design Fields : Desain Industri
Design Product(s) : -

About Me

Dengan background pendidikan Desain Produk Itenas saya terlatih untuk memahami korelasi keilmuan desain dengan teknik industri dan entrepreneurship. Spesialisasi yang saya tekuni ialah furnitur, dan menjadikan rotan sebagai material yang harus diperdalam dan dikembangkan, dan hal ini diproklamirkan seiring terciptanya produk Tugas akhir saya yang mengawinkan rotan dengan segmentasi modern yakni perkantoran sehingga lahirlah produk kursi kantor berbahan dasar rotan alami. Saya pernah bekerja di beberapa perusahaan yang terkait dengan industri furnitur dan desain dengan karakteristik yang berbeda-beda. Manufaktur besar namun belum settle seperti CV. Mandiri Unicane di Gresik, Konsultan desain furnitur dan workshop seperti CV. Zapp-Design di Bali, kemudian Manufaktur skala internasional (brand Cellini) seperti PT. Indo Creative Mebel. Saat ini saya sedang meneruskan studi S2 di Institut Teknologi Bandung. Planning yang akan saya jalankan dalam waktu dekat ialah mendirikan Design studio dan toko furniture 'ASANKA designsatisfactory' di Bandung, serta memulai karir mengajar di Perguruan Tinggi.

My Expertise

Design software program skill: Rhinoceros 4, Sketch Up, Photoshop, Corel Draw, Auto Cad

My Message

Sebuah pencapaian keberhasilan di pangsa pasar memerlukan pembangunan struktur dari segala sektor. Desainer dan UKM adalah beberapa mata rantai yang secara langsung memiliki hubungan krusial. Diterimanya sebuah produk dalam kompetisi pasar tidak bisa hanya dalam konteks kuantitas dan delivery belaka. Namun yang terpenting adalah pemahaman mengenai relasi produk dengan aspek kehidupan yakni dalam konteks zaman, atau yang biasa masyarakat kenal dengan 'trend'. Desainer dilatih untuk peka dengan hal-hal demikian, namun sangat buram jika harus memahami proses produksi. Situasi seperti ini jelas perlu diselesaikan dengan mempertemukan keduanya dalam satu lingkaran pemahaman visi dan tujuan sehingga terbentuk misi yang konkrit dan jelas bagi keduanya untuk bersama membangun negara melalui produk-produk UKM. Selama ini produk-produk UKM seolah dipojokkan pada citra tradisional, kovensional, survive, murah, green, seadanya. Hal ini perlu diluruskan, karena pengertian UKM adalah berasal dari besar pemasukannya, bukan dari produk hasilnya. Maka dari itu membawa status produk UKM ke nilai yang lebih valuable dan ramah pasar tentu harus dilaksanakan. Disinilah seorang desainer dihadapkan dengan persoalan faktual yang harus dibina solusinya.

My Works

SHINJI chair

SHINJI chair

SHINJI chair memanfaatkan potensi produksi dari industri ini yaitu alumunium dan finishing powder coatingnya. Desain yang diajukan mengarah pada penggunaan massal, dan low maintenance. Gabungan antara alumunium dan rotan natural diharapkan akan menjadi nilai daya tarik utama produk ini.

MANDA dining table

MANDA dining table

MANDA dining table memanfaatkan potensi produksi dari industri ini yaitu alumunium dan finishing powder coatingnya. Desain yang diajukan mengarah pada penggunaan massal, dan low maintenance. Gabungan antara alumunium dan rotan natural diharapkan akan menjadi nilai daya tarik utama produk ini.