Print Friendly and PDF

Promosi Ekspor

Nation branding adalah kombinasi dari berbagai elemen yang unik multi-dimensi, yang membuat suatu negara, memiliki budaya yang berbeda dari negara lain. Pembentukan nation branding adalah termasuk strategi merek sesuai dengan nilai-nilai dan karakteristik dari negara yang disertai dengan komitmen jangka panjang dalam membentuk dan mengembangkan nation branding.

Pencitraan Indonesia di luar negeri saat ini dicapai melalui pengembangan strategi komunikasi dari branding bangsa secara holistik, mengoptimalkan partisipasi di World Expo Shanghai China (WESC) 2010 dan memperoleh partisipasi dalam pameran dunia berikutnya, serta memperkuat posisi Indonesia dalam potensial pameran dagang internasional. Nation branding yang kuat akan dapat mendorong ekspor produk industri, pariwisata menarik, menarik tenaga kerja terampil, investasi menarik, juga meningkatkan pengaruh diplomasi publik dan kebanggaan warga.

1.         International Trade Fairs

Partisipasi dalam pameran perdagangan internasional termasuk di dalam toko promosi adalah titik awal khas untuk eksportir yang menargetkan pasar baru atau konsolidasi hubungan bisnis di negara-negara asing. DGNED partisipasi dalam pameran ini didasarkan pada potensi eksportir Indonesia, pasar untuk produk mereka, rekomendasi dari para ahli luar negeri, konsultan dan asosiasi bisnis.

DGNED membantu partisipasi eksportir Indonesia pada pameran yang dipilih dengan mengatur tampilan, pemesanan ruang, berdiri desain dan konstruksi, publikasi, perjalanan dan akomodasi, dan pertemuan dengan pembeli potensial selama acara.

2.         Trade Missions

Misi perdagangan ke pasar asing bertenaga tinggi peluang untuk bisnis Indonesia yang dipilih oleh DGNED untuk mendapatkan informasi tangan pertama tentang karakteristik pasar tertentu dan peluang masuk pasar. Pengusaha ini, berurusan dengan produk atau jasa tertentu, biasanya disertai oleh Menteri Perdagangan, pejabat senior pemerintah, dan perwakilan dari sektor bisnis lainnya.

3.         Trade Expo Indonesia

Sejak 1986, DGNED telah menyelenggarakan Trade Expo Indonesia (dahulu Sumber Daya Indonesia) dengan hasil yang luar biasa. Sebagai pameran perdagangan terbesar diselenggarakan di Indonesia, pameran yang menarik ribuan pembeli luar negeri sehingga dalam transaksi perdagangan besar. Sebuah inovasi yang sukses baru-baru ini di Trade Expo Indonesia adalah Pavilion Iconic Indonesia yang menunjukkan produk ekspor terkemuka dan luar biasa.

4.         Regional Export Trade Fairs

Untuk mendorong pembangunan ekonomi daerah di seluruh 33 provinsi di Indonesia beragam, DGNED teratur menyelenggarakan Pameran Perdagangan Ekspor Daerah di pusat-pusat provinsi utama seperti Medan (Sumatera Utara), Manado (Sulawesi Utara), Surabaya (Jawa Timur), Bandung (Jawa Barat), Makassar (Sulawesi Selatan), dan Yogyakarta (Yogyakarta).

5.         DGNED Virtual Exhibition

New Media digunakan oleh DGNED untuk menyediakan “Pameran Virtual” produk Indonesia di internet untuk pembeli asing potensial. Situs ini menyediakan one-stop sumber informasi produk dengan gambar, kutipan harga, dan rincian kontak perusahaan yang berpartisipasi. Pembaruan dilakukan setidaknya dua kali setahun. lihat www.dgnedve.com

6.         Permanent Trade Display

Pembeli asing berkunjung ke Indonesia juga dapat mengamati berbagai macam produk ekspor Indonesia pada Tampilan Tetap Perdagangan disajikan di kantor DGNED di Jalan MI Ridwan Rais No 5, 2 Lantai, Jakarta. Staf DGNED juga akan membantu pembeli dalam menghubungi produsen atau eksportir produk di layar.