Print Friendly and PDF

Business Matching antara Pelaku Usaha Indonesia dengan Pembeli Malaysia di Marketing Point Entikong

  November 24, 2022. Category: headline

Entikong, 24 November 2022

Sebagai rangkaian kegiatan Forum Strategi Pengembangan Ekspor di Kabupaten Sanggau Kalimantan Barat, Kementerian Perdagangan menggelar Business Matching antara pelaku usaha Indonesia dengan pembeli asal Malaysia, bertempat di Marketing Point Entikong yang berlokasi di Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Entikong Kalimantan Barat pada Kamis (24/11).

Kegiatan ini sebagai upaya memaksimalkan kawasan perbatasan untuk meningkatkan penetrasi pasar produk Indonesia di Malaysia.

Direktur Pengembangan Pasar dan Informasi Ekspor, Marolop Nainggolan menyampaikan, business matching yang pertama kali diadakan di wilayah perbatasan ini diharapkan menjadi pembuka untuk kegiatan promosi ekspor selanjutnya di PLBN, sehingga  dapat meningkatkan peluang ekspor melalui wilayah perbatasan.

Pada business matching ini, sebanyak 25 pelaku usaha Indonesia dipertemukan dengan pembeli asal Serawak Malaysia. Kegiatan business matching pada acara ini diutamakan untuk produk perawatan kulit dan kosmetik, arang, farmasi, pakaian dalam, pupuk alami, produk ramah lingkungan, dan  barang konsumsi sehari-hari.

Acara ini juga dihadiri pelaku usaha dari Kalimantan Barat, khususnya dari Kabupaten Sanggau, Entikong. Adapun pelaku usaha yang hadir antara lain perwakilan PT Evogaia Karya, PT Pramudita Darya Parma, PT Ultra Prima Abadi (OT Group), PT Cantik Anugerah Pesona, PT Mahkota Riebisi, PT Kimia Farma Tbk, dan PT Haigo Mitra Indonesia yang langsung terbang dari Jakarta.

Marketing Point merupakan unit fasilitasi pengembangan ekspor di kawasan perbatasan negara. Dalam mendukung peningkatan ekspor nasional, Kementerian Perdagangan mendirikan pusat promosi ekspor (Marketing Point) di PLBN.