Print Friendly and PDF

Manfaatkan Rute Penerbangan Langsung Samratulangi - Narita, Kemendag Resmikan Pelepasan Ekspor Produk Perikanan dan Pertanian ke Jepang

  November 10, 2021. Category: headline

Manado, Rabu 10 November 2021

Kementerian Perdagangan melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional bersama Dinas Perindustrian dan Perdagangan Provinsi Sulawesi Utara melakukan pelepasan ekspor produk perikanan dan pertanian dari Bandara Samratulangi, Sulawesi Utara langsung menuju Bandara Narita, Jepang pada Rabu (10/11). Kemendag diwakili oleh Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor, Marolop Nainggolan.

Pelepasan ekspor ini sebagai bentuk sosialisasi pemanfaatan Direct Call (rute penerbangan Garuda Indonesia dari Samratulangi – Narita Jepang) agar informasi fasilitas jalur penerbangan langsung untuk cargo dari Manado ke Jepang semakin tersebar luas sehingga semakin banyak pelaku usaha yang memanfaatkannya. 

Komoditas yang diekspor merupakan produk perikanan dan pertanian sebanyak 15 ton atau setara dengan USD 90 ribu.

Melalui rute baru, diharapkan akan terjadi ekspor sebesar 1.000 ton dari Manado ke Jepang hingga tahun 2022.

Dalam sambutannya, Marolop mengatakan bahwa melalui pelepasan ekspor tersebut  diharapkan akan menarik buyers dari luar negeri untuk melakukan kerja sama bisnis dengan pelaku usaha di daerah, yang berdampak pada meningkatnya perekonomian daerah.

Masih dalam rangkaian kegiatan pelepasan ekspor tersebut, Kemendag bekerja sama dengan Japan External Trade Organization (JETRO) juga menggelar  webinar bagi pelaku usaha mengenai “Potensi Pasar Produk Perikanan ke Pasar Jepang.