Print Friendly and PDF

Kemendag Lepas Ekspor Salak Pondoh Dari Yogya ke Kamboja

  October 07, 2021. Category: headline

Yogyakarta, Kamis 7 Oktober 2021


Kementerian Perdagangan melepas ekspor produk salak pondoh asal kabupaten Sleman Yogyakarta senilai USD 15 ribu ke pasar Kamboja pada Kamis, (7 Sep). Pada kesempatan tersebut Kemendag diwakili oleh Kepala Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Indonesia, Heryono Hadi Prasetyo.


Ekspor dilakukan oleh PT Serena Sejahtera, peserta program pendampingan eksportir Export Coaching Program (ECP) Kementerian Perdagangan 2021 untuk wilayah Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY).


Ekspor salak sebanyak 6 ton ini merupakan hasil kerja sama dengan 20 kelompok tani di wilayah Yogyakarta yang melibatkan sekitar 1.200 petani.


Dalam sambutannya, Kepala Balai Besar PPEI, Heryono Hadi Prasetyo mengatakan Kemendag melalui program ECP akan terus mendukung pelaku UKM guna meningkatkan kesiapan ekspor untuk mendorong peningkatan kontribusi ekspor UKM terhadap total ekspor nasional.


ECP  merupakan  kegiatan  pembinaan  UKM  selama  setahun yang telah dilaksanakan sejak tahun 2010 oleh Balai Besar Pendidikan dan Pelatihan Ekspor Kementerian Perdagangan (PPEI).  


Pendampingan ECP  mencakup  kegiatan peningkatan  kualitas  produk, kesiapan  proses  ekspor,  pemasaran  dan  mencari  potensial  buyer, perbaikan  manajemen  produksi,  daya  saing  produk,  desain  dan  kemasan  produk  untuk  tujuan ekspor,  serta   pengembangan  tim   ekspor.