Print Friendly and PDF

Bimbingan Teknis Sertifikasi Halal untuk Ekspor

  September 21, 2021. Category: headline

Selasa, 21 September 2021

Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional, Didi Sumedi membuka kegiatan Bimbingan Teknis Sertifikasi Halal untuk Ekspor pada Selasa, (21/9).  Kegiatan yang digelar secara daring ini diikuti oleh lebih dari 260 peserta pelaku usaha dan perwakilan Dinas yang membidangi Perindustrian dan Perdagangan dari seluruh Indonesia.

Bimtek hasil kerja sama Kemendag dengan Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal (BPJPH) ini menargetkan fasilitasi dan pendampingan teknis bagi pengembangan 1000 UKM dan sertifikasi halal bagi UKM berorientasi ekspor.

Dalam sambutannya Dirjen Didi mengatakan persaingan di pasar global semakin ketat dan dinamis, pendampingan dan fasilitasi sertifikasi halal merupakan salah satu upaya peningkatan daya saing dan nilai tambah produk indonesia.

Mewakili Kepala Badan Penyelenggara Jaminan Produk Halal, Kepala Pusat Pembinaan dan Pengawasan Jaminan Produk Halal BPJPH, Umar mengatakan sertifikasi halal meningkatkan kepercayaan dan memberikan jaminan bagi konsumen, dan sertifikasi ini diperlukan untuk memantapkan langkah memasuki pasar ekspor.

Pada kesempatan ini, Direktur Pengembangan Produk Ekspor, Miftah Farid turut memaparkan perkembangan dan potensi ekspor produk halal di pasar mancanegara.

Dalam bimtek para narasumber membahas antara lain tata cara pendaftaran sertifikasi halal; sistem jaminan produk halal; komitmen tanggung jawab, pemantauan dan evaluasi; penyelia halal; bahan proses produk halal; serta pemaparan tentang aplikasi SIHALAL.