Print Friendly and PDF

Talkshow UKM Berorientasi Ekspor Menghadapi Pandemi

  February 18, 2021. Category: headline

Jakarta, 16 Februari 2021

 

 

 

 

Dirjen Pengembangan Ekspor Nasional, Kasan menjadi narasumber pada Talkshow UKM Berorientasi Ekspor Menghadapi Pandemi melalui jaringan radio serta kanal Youtube Heartline Network pada Rabu, (16 Feb).

 

Talkshow dipandu oleh Direktur Heartline Network, Jose Yusuf Marwoto dengan menghadirkan narasumber lain yaitu Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang UMKM dan Koperasi, R. M. Tedy Aliudin; Director KADIN Indonesia Trading House, Yongky Susilo; serta Kepala Dinas Perdagangan Kota Samarinda, Marnabas.

 

Pada kesempatannya, Dirjen Kasan menyampaikan bahwa Kemendag terus memfasilitasi para UKM ekspor baik dari segi pengembangan kapasitas calon eksportir, produk maupun akses pasar. Di masa pandemi ini, program-program seperti: promosi virtual; fasilitasi sertifikasi; business matching dan one on one meeting; pengembangan marketplace khusus ekspor; pendampingan ekspor untuk menciptakan eksportir-eksportir baru; juga terus berjalan melalui akselerasi teknologi.

 

Wakil Ketua Umum Kadin Indonesia Bidang UMKM dan Koperasi sekaligus Ketua Asosiasi UKM Naik Kelas, R. M. Tedy Aliudin mengatakan bahwa perkembangan UMKM Indonesia belum menunjukkan perkembangan signifikan dan baru 0,3 % UMKM yang bisa mengekspor langsung.

 

Selanjutnya, Director KADIN Indonesia Trading House, Yongki Susilo menyatakan agar bisa berjaya di pasar ekspor, UKM harus bisa membangun brand tidak hanya menjual produknya saja dengan berkolaborasi dalam ekosistem bisnis dan jaringan yang tepat.

 

Kepala Dinas Perdagangan Kota Samarinda, Marnabas menyampaikan bahwa sinergi antar pemangku kepentingan ini sangat diperlukan sehingga informasi-informasi yang bermanfaat dapat diteruskan terutama bagi para pelaku UKM di daerah.