Print Friendly and PDF

Dorong Penetrasi Produk Indonesia, Menteri Perdagangan Luncurkan Platform Dagang Digital IDNStore

  January 14, 2021. Category: headline

Kamis, 14 Januari 2021

 

 

 

 

Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi meluncurkan platform dagang digital Indonesia Store (IDNStore) untuk mendorong penetrasi produk Indonesia, khususnya produk UKM ke pasar Tiongkok, termasuk Hongkong dan Taiwan secara virtual pada Kamis, (14 Jan).

 

IDNStore merupakan platform dagang digital dengan menggunakan tiga bahasa, yaitu bahasa Indonesia, Inggris, dan Mandarin yang memungkinkan transaksi secara bisnis-ke-bisnis (B2B) maupun bisnis-ke-konsumen (B2C) antara pelaku usaha Indonesia yang terdaftar dengan calon pembeli di negara-negara tersebut. Platform ini mempromosikan produk pertanian, hasil laut, produk otomotif, makanan dan minuman, pakaian, produk kesehatan dan kecantikan, produk kerajinan, serta dekorasi rumah.

 

 

Turut hadir secara virtual Duta Besar RI untuk Tiongkok merangkap Mongolia Djauhari Oratmangun, Konsul Jenderal RI Hongkong merangkap Macao Ricky Suhendar, Konsul Jenderal RI Shanghai Deny W. Kurnia, Konsul Jenderal RI Guangzhou Gustanto, dan Kepala Kantor Dagang dan Ekonomi Indonesia (KDEI) di Taipei Budi Santoso.

 

Dalam sambutannya Mendag menyampaikan bahwa sudah saatnya seluruh UKM Indonesia yang berorientasi ekspor mengoptimalkan pemanfaatan platform digital untuk meningkatkan kinerja dan berharap agar peluncuran platform IDNstore dapat membawa semangat bagi produk Indonesia untuk go global.


 

Dirjen PEN dalam laporannya menyebutkan bahwa sejak dioperasikan pada November 2020, lebih dari 1 ribu pelaku usaha telah bergabung dan telah menghasilkan transaksi ekspor perdana UKM sekaligus menginisiasi terwujudnya investasi dari Taiwan untuk penanaman buah pisang dan buah naga di Sulawesi Selatan dengan tujuan ekspor ke pasar Tiongkok, Jepang, Arab Saudi, dan Persatuan Emirat Arab.