Print Friendly and PDF

Penandatanganan Perjanjian Kerja Sama secara Virtual Optimalisasi Peran Usaha Kecil Dan Menengah (UKM) antara Kementerian Perdagangan, Kementerian Agama, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah,dan KADIN Indonesia dalam Memenuhi Kebutuhan Jemaah

  January 14, 2021. Category: headline

Jakarta, 13 Januari 2021

 

 

 

 

Menteri Perdagangan, Muhamad Lutfi; bersama Wakil Menteri Agama, Zainut Tauhid Sa’adi; Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki serta Ketua Umum KADIN Indonesia, Rosan Perkasa Roeslani menandatangani secara virtual, Nota Kesepahaman Bersama dan Perjanjian Kerja Sama tentang Optimalisasi Peran Usaha Kecil dan Menengah (UKM) dalam Memenuhi Kebutuhan Jemaah Haji dan Umrah, pada Rabu, (13/1). Turut hadir pada kegiatan ini antara lain Eselon I Kementerian Perdagangan, Kementerian Agama, Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah, Ketua KomiteTetap Timur Tengah dan OKI.
 
 
Dirjen PEN Kasan dalam laporannya menyampaikan bahwa perjanjian kerja sama ini merupakan upaya mengusung kepentingan pemberdayaan UKM agar dapat berkontribusi dalam pemenuhan kebutuhan jamaah haji dan umrah sekaligus sebagai potensi peningkatan ekspor Indonesia ke Arab Saudi.
 
 
Dalam sambutannya, Menteri Perdagangan menyampaikan ajakan kepada seluruh instansi yang terlibat dalam perjanjian kerja sama ini untuk menjaga komitmen bersama sehingga tujuan akhir menciptakan terobosan dan peluang untuk mendorong nilai tambah UKM Indonesia dapat terwujud.
 
 
Wakil Menteri Agama menyatakan bahwa sebelum pandemi, Indonesia mengirimkan sekitar 221 ribu jemaah haji dan 1 juta jemaah umrah setiap tahunnya. Ketersediaaan produk makanan dan minuman dan kebutuhan lain untuk jemaah masih sangat terbatas sehingga memerlukan tambahan produk yang berasal dari dari negara lain. Melalui kerja sama yang terimplementasi dengan baik ke depan, diharapkan kebutuhan jemaah ini dapat terpenuhi seluruhnya dari produk Indonesia.
 
 
Menteri Koperasi dan UKM, Teten Masduki mengatakan bahwa langkah kolaborasi ini dapat menjadi entry point untuk UKM bisa masuk pasar luar negeri sekaligus kunci sukses untuk membangkitkan UKM Indonesia.
 
 
Ketua KADIN Indonesia, Rosan Roeslani menyatakan bahwa pihaknya siap bekerja bersama-sama dan mendukung upaya pemerintah untuk mendorong sektor UKM.
 
 
Kementerian Perdagangan telah menyusun beragam program kegiatan terkait kerja sama ini diantaranya persiapan dan penyediaan dukungan bagi UKM Indonesia dalam melakukan ekspor bagi pemenuhan kebutuhan jemaah haji dan umrah, mencakup dukungan sertifikasi, pengetahuan pasar dan kebutuhan jemaah, pemenuhan regulasi di Arab Saudi, hingga penyediaan pembiayaan; pelaksanaan kegiatan promosi dan business matching; konsolidasi produk UKM; serta penyediaan dukungan lainnya sesuai kebutuhan pelaku UKM Indonesia.