Print Friendly and PDF

One-on-One Business Matching Indonesia-Selandia Baru

  March 19, 2018. Category: headline

Jumat, 16 Maret 2018

Kementerian Perdagangan mengajak pelaku usaha asal Indonesia untuk mempromosikan produk-produk mereka langsung kepada calon buyer Selandia Baru pada acara Forum Bisnis Indonesia-Selandia Baru di Hotel Pullman, Auckland, Selandia Baru, Jumat (16/3). Pada kesempatan ini, Direktur Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional (PEN), Arlinda menjelaskan keunggulan-keunggulan Indonesia kepada para calon buyer asal Selandia Baru.

Peserta forum bisnis hari ini terdiri atas pelaku usaha Indonesia yang membawa produk seperti kopi, kertas, minyak kelapa sawit dan turunannya, hingga menawarkan sektor jasa tenaga kerja. Di sisi lain, calon buyer dari Selandia Baru terdiri atas pelaku usaha dan juga importir. Para pelaku usaha turut serta dalam Misi Dagang Indonesia ke Selandia Baru pada 16--19 Maret 2018.

Forum bisnis kali ini merupakan hasil kerja sama Kementerian Perdagangan dengan Kedutaan Besar Republik Indonesia Wellington. Duta Besar RI Wellington, Tantowi Yahya dalam sambutannya mengatakan bahwa forum seperti ini baru pertama kali diadakan oleh Indonesia di Selandia Baru.

Forum dilanjutkan dengan diskusi panel membahas komoditas-komoditas unggulan yang ditawarkan Indonesia kepada para buyer Selandia Baru. Panelis menjelaskan keunggulan produk-produk Indonesia seperti minyak kelapa sawit dan tenaga kerja. Salah satu panelis juga menjelaskan tentang peluang investasi sektor energi di Indonesia.

Dubes Tantowi ikut menjelaskan keunggulan produk-produk Indonesia kepada para calon buyer. Tantowi juga menjelaskan keunggulan CPO dan kaitan kampanye hitam yang berusaha mengganggu kinerja negara pengekspor minyak kelapa sawit.