Print Friendly and PDF

Kampanye Positif Aliansi Minyak Sawit Berkelanjutan Perancis 2014

  June 27, 2014. Category: general

  1. French Alliance for Sustainable Palm Oil (FASPO) telah mempublikasikan artikel mengenai minyak sawit pada harian Le Direct Matin di Perancis tanggal 12 Mei 2014. Publikasi ini merupakan salah satu bentuk kampanye positif dalam mencapai target penggunaan 100% minyak sawit berkelanjutan di Perancis 2015.
  2. Artikel yang menampilkan chairman FASPO, Guillaume Reveilhac pada intinya menyampaikansejumlah informasi positif guna mengubah sudut pandang masyarakat Perancis terhadap minyak sawit, diantaranya :
    1. Publikasi FASPO menekankan bahwa minyak sawit dihasilkan dari buah kelapa sawit murni dan pengolahannya tidak membutuhkan proses hidrogenisasi, penggunaan pestisida, maupun bahan tambahan untuk membentuk rasa maupun membuatnya tahan lama.
    2. Karena alasan tersebut, para pemangku kepentingan di Perancis, khususnya di sektor industri makanan, menyatakan ketergantungannya terhadap minyak sawit bagi keberlangsungan produk makanannya di masa depan.
    3. Untuk itu, sejumlah perusahaan seperti Ferrero, Cerelia, Nestle, Carrefour dan Unilever. Tela berkomitmen melalui penandatanganan Charter of Commitment pada kesempatan Agricultural Trade Fair (Salon de I’Agriculture) di Paris pada bulan Februari 2014 lalu, yang menargetkan penggunaan 100% minyak sawit berkelanjutan pada tahun 2015.
    4. Inisiatif FASPO untuk menyelenggarakan kampanye positif difokuskan untuk mengubah pandangan masyarakat khususnya untuk isu kesehatan dan isu lingkungan yang terkait dengan minyak sawit.
    5. Terkait isu kesehatan, FASPO mendapat dukungan dari Dr. Jean Michel Lecerf dari Institut Pasteur di kota Lille, yang telah melakukan sejumlah penelitian dan menemukan berbagai manfaat minyak sawit bagi metabolisme tubuh manusia.
    6. Sementara itu, terkait isu lingkungan, FASPO mencatat kekhawatiran masyarakat masyarakat Perancis akan berkelanjutan deforestasi di Indonesia dan Malaysia akibat pertumbuhan pesat perkebunan minyak sawit. Oleh karenanya,  FASPO berkomitmen untuk mendorong penggunaan 100% minyak sawit berkelanjutan, bekerja sama dengan 1200 perusahaan lokal maupun International dari 50 negara yang tergabung dalam RSPO.
    7. Dalam kaitan tersebut, FASPO juga akan melakukan sejumlah kegiatan CSR yang melibatkan masyarakat lokal, seperti pembangunan jalan, sekolah, dan tempat ibadah.
    8. Untuk mewujudkan target 100% penggunaan minyak sawit berkelanjutan di Perancis pada tahun 2015, FASPO juga bekerja sama dengan sejumlah NGO yang memiliki visi serupa untuk bersama-sama meyakinkan para pengusaha/industri agar mendukung komitmen dan program kampanye positif FASPO dimaksud.

Catatan

FASPO didirikan pada September 2013 oleh tujuh (7) perusahaan dan tiga (3) Asosiasi Industri Makanan (Cerelia, CSM, Ferrero, Nestle, Unilever, Vandemoortele, ANIA,Alliance7, dan FNCG) sebagai upaya mengubah persepsi negatif mengenai minyak sawit di Perancis. Informasi kegiatan FASPO dapat diakses melalui website www.huiledepalmedurable.org atau twitter .

Sumber: Dubes Paris