Print Friendly and PDF

Standarisasi Impor Daging di Arab Saudi

  February 21, 2012. Category: general

Sehubungan banyaknya daging segar impor ke Arab Saudi yang rusak, pada saat diterima komsumen maka  Saudi Food and Drugs Authority (SFDA) sebagai instansi Pemerintah Kerajaan Arab Saudi yang berwenang di bidang makanan, obat-obatan dan alat kesehatan  mengeluarkan maklumat tentang impor daging segar dengan peraturan standar GCC (Gulf Cooperation Council) sebagai berikut :

Persyaratan Umum untuk Angkutan dan Penyimpanan Bahan Makanan yang di dinginkan dan dibekukan (GCC No.323/1994 M.Q.Kh)

Standarisasi Daging Sapi, Kerbau, Domba dan Kambing yang didinginkan dan dibekukan (GCC No.998/1998 M.Q.Kh)

Tentang sarana Angkutan Daging Segar. (GCC No.997/1998 M.Q.Kh)

Dilaporkan banyak daging segar Impor yang masuk ke Arab Saudi diangkut oleh kendaraan yang tidak sesuai dengan standard tehnis pendinginan dan juga kendaraan tersebut tidak dilengkapi oleh sarana lain seperti alat gantungan  daging segar.

Para Importer akan diberikan tenggang waktu selama tiga bulan terhitung mulai keluarnya edaran ini dan tidak akan diberikan ijin masuknya daging yang tidak memenuhi persyaratan tiga standarisasi GCC setelah berakhirnya tenggang waktu ini.

Sehubungan dengan tersebut kepada seluruh para eksporter daging segar di Arab Saudi agar memahami secara tehnis pengiriman, sesuai dengan standard aturan yang telah ditetapkan. Sejaln dengan ini KBRI akan mengirimkan nota diplomatic kepada Kementerian Luar Negeri Arab Saudi untuk memperoleh ke 3 (tiga) peraturan dimaksud.

(KBRI Riyadh, Hr)