Print Friendly and PDF

Kopi dan Teh Indonesia Kian Dikenal di AS

  February 03, 2012. Category: exporter

Jakarta, 31 Januari 2012 – Produk kopi dan teh lokal Indonesia kian diminati dan dikenal masyarakat Amerika Serikat. Hal ini terlihat dari besarnya antusias pengunjung Pavilliun Indonesia pada Pameran Winter Fancy Food Show 2012 di Moscone Convention Center, San Francisco, Amerika Serikat, 15-17 Januari 2012 silam.

“Meski sudah lama dikenal sebagai penghasil dan pengekspor kopi dan teh, masih banyak pengunjung yang belum mengenal merek Indonesia. Mereka memang telah mengkonsumsi produk dari Indonesia yang dikemas dengan merek AS,” ujar Trini G. Sualang, Konsul Fungsi Ekonomi Konsulat Jenderal Republik Indonesia (KJRI) San Francisco.

Kopi luwak, kopi Toraja, permen, jahe, biskuit dan minuman siap saji, serta teh celup berbagai variasi merupakan beberapa produk yang dipamerkan Paviliun Indonesia dalam pameran yang diselenggarakan oleh National Association for the Specialty Food Trade (NASFT) tersebut.

Selain kopi dan teh, para pengunjung juga mencari produk halal berupa olahan daging, rempah-rempah, tuna dan sarden frozen maupun kaleng. Beberapa buyer menyatakan keinginan untuk membuat label sendiri dari produk air kelapa, teh dalam kemasan botol, dan snack yang berasal dari umbi-umbian. Tren hidup sehat di Amerika Serikat juga mempengaruhi permintaan pengunjung akan produk-produk natural dan organik dan dikemas sesuai standar AS.

Pemeran Winter Fancy Food Show 2012 menampilkan produk makanan dan minuman dari seluruh dunia dan dihadiri oleh lebih dari 25 ribu pengunjung. Keikutsertaan Indonesia dalam pameran ini merupakan salah satu upaya mempromosikan citra produk Indonesia untuk masuk ke pasar AS secara lebih luas.

Sumber : KJRI San Fransisco