Print Friendly and PDF

Ekspor ke Inggris, Kemendag Antar Kopi Gayo Aceh Go Global

  October 24, 2021. Category: headline

Takengon, Minggu 24 Oktober 2021

Kemendag melalui Direktorat Jenderal Pengembangan Ekspor Nasional bersama PT Astra International Tbk melakukan pelepasan ekspor 1 kontainer Kopi Aceh Gayo Arabica ke pasar Inggris senilai 1,4 miliar rupiah pada Minggu (24 Okt).

Ekspor dilakukan oleh Pesantren Darul Mujahadah Al Waliyyah, PT Merador Kopi Berjaya, dan Koperasi Gayo Leuser Antara. Ketiganya merupakan fasilitator kopi Aceh Gayo Desa Sejahtera Astra (DSA) Takengon yang selama ini bekerja sama membina petani kopi Aceh Gayo.

Pelepasan ekspor digelar secara hibrida dari Takengon Aceh Tengah dan dihadiri oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Aceh Tengah dan Subhandhy dan Head of Corporate Social Responsibility PT Astra International Tbk, Bondan Susilo. Serta disaksikan secara virtual oleh Direktur Kerja Sama Pengembangan Ekspor, Marolop Nainggolan serta Atase Perdagangan di Den Haag dan London.

Dalam sambutannya, Marolop mengatakan, kopi Aceh Gayo merupakan salah satu contoh produk Indikasi Geografis Indonesia yang pertama diakui pasar global, khususnya pasar Eropa. Karenanya, Kemendag senantiasa memberikan perhatian bagi pengembangan Indikasi Geografis Kopi Gayo.

Bondan Susilo menjelaskan, Dalam kerja sama dengan Kemendag, Astra memberikan dukungan peningkatan kapasitas (capacity building), peningkatan fasilitas produksi, dan sertifikasi cupping berstandar Eropa bagi petani dan produsen Kopi Aceh Gayo. Adapun Kemendag memberikan dukungan untuk membuka akses pasar dan promosi ekspor kepada buyers melalui jejaring Perwakilan Perdagangan di luar negeri.

Usai melakukan pelepasan ekspor, dilakukan penandatanganan Letter of Intent antara PT Astra International Tbk dengan The Coffee Cupping International (CCI) yang berkantor pusat di Belanda yang mencakup komitmen pembelian kopi, peningkatan kapasitas petani, dan pengembangan perkebunan kopi Indonesia yang berkelanjutan untuk pasar global.